• SMAN 1 TANJUNG SELOR
  • SMANSATASE CERIA

Hari Guru Nasional & HUT PGRI Ke-74

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka Hari Guru Nasional & HUT PGRI ke-74 Tahun 2019, di halaman SMAN 1 Tanjung Selor dilaksanakan upacara yang seluruh petugasnya adalah guru. Bertindak selaku pembina upacara adalah Kepala Sekolah bapak Sunjono, S.Pd., M.Si.

Yang terasa berbeda dalam pelaksanaan upacara tersebut adalah amanat pembina upacara, Kepala Sekolah membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bapak Nadiem Makarim yang sungguh berbeda dengan pidato-pidato pada umumnya yang retorik.

Berikut isi pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Bapak dan lbu Guru yang saya hormati,

Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohan maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke .

Guru Indonesia yang Tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit.

Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu Anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan.

Anda frustrasi karena Anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal.

Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagamaan sebagai prinsip dasar birokrasi.

Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama.

Besok, di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda.

  • Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
  • Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.
  • Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.
  • Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.
  • Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

Selamat Hari Guru.

Setelah Kepala Sekolah selesai membacakan pidato Menteri Nadiem Makarim, serentak siswa memberikan applause cukup panjang.

Terlepas dari makna yang tersimpan dalam isi pidato tersebut, banyak orang berharap bahkan menunggu tindakan nyata dari bapak Nadiem Makarim dalam me-nakhoda-i kapal besar dunia pendidikan di bumi Nusantara ini.  

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Marhaban Ya Ramadhan

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H, melalui Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan juga dilakukan kegiatan pembuatan twibbon kepada seluruh peserta didik yang beragama Isl

12/04/2021 08:00 WIB - Administrator
Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) Tahun 2021

Tahap seleksi awal Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dilaksa

09/03/2021 18:19 WIB - Administrator
PPDB SMANSATASE

Tinggal 2 hari lagi pendaftaran peserta didik baru di SMAN 1 Tanjung Selor akan dimulai. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya PPDB tahun ini masih mengikuti sistem zonasi mengacu pada Pe

13/06/2020 12:06 WIB - Administrator
Classmeeting smansatase 2019

Setelah kurang lebih 14 hari pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 berbasis CBT, pada hari Senin tanggal 16 Desember 2019 dilaksanakan upacara pembukaan

17/12/2019 09:47 WIB - Administrator
"Bersatu Kita Maju"

Bertempat di lapangan SMAN 1 Tanjung Selor dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91. Hari Sumpah Pemuda merupakan hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan ole

28/10/2019 10:00 WIB - Administrator
Pelantikan Pengurus MPK & OSIS Masa Bakti 2019-2020

Bertempat di Gedung Wanita, tanggal 30 September 2019 dilaksanakan Pelantikan Pengurus OSIS dan MPK SMAN 1 Tanjung Selor masa bakti 2019-2020.  Rizaldi Syafa Saputra bersama H

30/09/2019 16:00 WIB - Administrator
Business Plan

2 siswa SMAN 1 Tanjung Selor kembali mengharumkan nama sekolah dalam even Lomba Perencaan Bisnis (Business Plan) yang berlangsung 5 – 11 Februari 2018. Even tersebut merupakan sal

12/02/2019 10:00 WIB - Administrator